Cara Mencegah Komplikasi Pasca Operasi Hidung

Operasi hidung merupakan salah satu prosedur ilmu kedokteran yang dilakukan dengan cara memodifikasi tulang dan tulang rawan pada hidung untuk memperbaiki bentuk hidung. Selain untuk kecantikan, operasi hidung dilakukan sebagai kebutuhan kesehatan seperti karena mengalami kecelakaan sehingga tulang hidung mengalami cedera atau kondisi hidung yang kurang ideal karena sejak lahir.

Operasi hidung merupakan bagian dari operasi plastik yang biasanya dilakukan karena beberapa kondisi diantaranya, seorang pasien ingin melakukan operasi hidung dengan tujuan untuk mengubah bentuk hidung seperti mengecilkan hidung, memperbesar ukuran hidung. Operasi hidung dilakukan untuk mengubah bentuk bagian puncak hidung seperti memancungkan hidung. Operasi hidung dilakukan karena ingin memperbaiki bentuk hidung akibat cedera karena kecelakaan, serta untuk membantu memperbaiki masalah pernapasan.

Sebelum melakukan operasi hidung, dokter akan melakukan beberapa tahapan pemeriksaan kepada pasien, diantaranya yaitu :
Pertama, pemeriksaan riwayat kesehatan. Dalam tahap ini dokter akan menanyakan mengenai riwayat penyakit yang pernah di derita, operasi yang pernah dilakukan, serta obat-obatan apa yang sedang dikonsumsi oleh pasien.

Kedua, pasien akan menjalani pemeriksaan fisik. Pada tahapan ini pasien akan ditanya untuk apa tujuan melakukan operasi hidung, kemudian dokter akan menentukan perubahan apa atau bentuk hidung seperti apa yang cocok dengan pasien. Setelah itu dokter akan memeriksa struktur hidung seperti kekuatan tulang rawan hidung di bagian pangkal hidung, ketebalan kulit, serta kondisi dalam dan luar hidung.

Ketiga, pasien akan menjalani pemeriksaan laboratorium. Pada tahapan ini pasien akan menjalani tes darah seperti tingkat hemoglobin pasien.

Terakhir, pasien akan melakukan rongsen hidung. Hal ini bertujuan agar dokter tau betul mengenai kondisi hidung dari pasien. Selain itu, dokter juga akan memotret hidung pasien dari berbagai sudut agar dokter bisa merencakan desain hidung yang cocok dengan pasien.

Setelah melakukan berbagai tahapan di atas, selanjutnya pasien bisa melakukan operasi hidung. Pasca melakukan operasi hidung tentu saja pasien harus melakukan beberapa hal agar tidak terjadi komplikasi pasca operasi hidung, diantaranya sebagai berikut :

Pasien yang sudah menjalani operasi hidung wajib beristirahat dengan posisi bantal lebih tinggi, hal ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya pendarahan dan pembengkakan pasca operasi. Pasien harus menghindari meniup hidung, serta harus melindungi hidung dari air. selanjutnya, pasien juga tidak diperbolehkan melakukan olahraga seperti aerobik dan lari selama waktu yang ditentukan oleh dokter. Gosok gigi secara perlahan untuk meredam gesekan pada bibir atas agar tidak terkena hidung, pasien tidak boleh dulu menggunakan kacamata, hindari menggunakan baju yang di pakai melalui kepala, hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya gesekan pada hidung yang baru di operasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *