Pengertian ‘Kursi’ Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kursi merupakan tempat untuk duduk yang memiliki kaki dan memiliki sandaran khusus. Dalam arti lainnya, kursi adalah kedudukan, jabatan yang ada dalam sebuah parlemen, kabinet, pengurus, dan lain sebagainya. Contoh penggunaan kata ini dalam suatu kalimat yaitu “Orang tua Dinda terpilih untuk menduduki kursi ketua”.

Kursi termasuk salah satu perabotan rumah yang memiliki fungsi sebagai tempat duduk. Kaki pada kursi berguna untuk menopang berat tubuh seseorang yang mendudukinya. Dilihat dari penggunaannya, kursi biasanya digunakan untuk duduk bagian anggota badan dan penopang bagian badan yang lainnya. Kursi banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari baik di bidang pendidikan, pemerintahan, sosial, dan lain-lain.

Sinonim Kata ‘Kursi’ Dan Contoh Penggunaan Kalimatnya

Kursi memiliki persamaan kata benda dengan kantor, profesor, ketua, janji, instalasi, bangku, jabatan, kedera, kedudukan, seliri, status, pekerjaan, tahta, tempat, dan pangkat. Sinonim kursi dalam bentuk kata kerja yaitu memimpin, moderat, panduan, mengelola, langsung, kursi, menginstal, meresmikan, dan memperkenalkan.
a. Gadis itu beranjak menuju kursi untuk mengambil tas gendongnya.
b. Para pegawai sedang duduk di kursi masing-masing sambil mengerjakan tugas dan pekerjaan kantornya.

Penggunaan Istilah-Istilah Dengan Kata ‘Kursi’

Kata kursi sering kita temui dalam penggunaannya pada beberapa istilah-istilah seperti :
a. Kursi empuk, artinya kedudukan dan tempat untuk duduk yang enak ditempati.
b. Kursi goyang, artinya kursi yang bisa digerakkan dengan cara digoyang-goyangkan ke depan dan ke belakang, biasanya kursi ini dijadikan sebagai tempat beristirahat.
c. Kursi listrik, artinya kursi yang dialiri listrik biasanya digunakan sebagai tempat penghukuman mati para penjahat.
d. Kursi lontar, artinya sebuah alat yang bisa digunakan untuk melontarkan seorang penerbang dari pesawat dalam keadaan darurat, dengan cara seperti ini para penerbang tidak akan menyentuh bagian pesawat.
e. Kursi makan, artinya kursi yang biasa digunakan sebagai tempat duduk saat makan di meja makan, kursi yang ditempatkan mengelilingi meja makan.
f. Kursi malas, artinya sebuah kursi berbentuk panjang yang bisa digunakan untuk tempat istirahat dan tiduran di sandarannya yang landai.
g. Kursi panjang, artinya sebuah kursi yang bisa diduduki lebih dari satu orang, biasanya kursi ini berbentuk seperti sofa.
h. Kursi lanting, artinya kursi yang digunakan sebagai tempat pilot pesawat jet.
i. Kursi lipat, artinya kursi yang bisa langsung dilipat apabila sudah tidak digunakan yang lebih praktis saat disimpan.

Perbedaan Kursi Dan Bangku
Meskipun pada dasarnya sama-sama digunakan sebagai tempat duduk, kursi dan bangku memiliki perbedaan tersendiri termasuk dalam hal arti. Berdasarkan pengertiannya, bangku merupakan sebuah papan berbentuk panjang yang memiliki kaki tanpa ada sandaran khusus. Sedangkan kursi dilengkapi dengan kaki dan bagian khusus yang bisa digunakan untuk sandaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *